Kontroversi Penyitaan Bas Jokowi

Setelah penyitaan sebuah bas yang diberikan kepada Gubernur Jakarta, Joko Widodo, muncul berbagai respon dari masyarakat. Tindakan KPK yang biasanya mendapat apresiasi positif dari masyarakat kali ini mendapat sedikit tentangan,

81 total views
  1. Seperti yang diketahui pada selasa (28/5) lalu,  KPK menyita sebuah bas  bertanda tangan basis group band metal legendaris Metallica, Robert Trujillo, yang diberikan seseorang bernama Jonathan Liu kepada gubernur Jakarta, Joko Widodo. Dikutip dari detik.com, Direktur Gratifikasi KPK, Giri Supradiyono menyatakan pemberian bas itu mengandung unsur kepentingan sebab terkait dengan jabatan Jokowi ini sebagai gubernur dan Jonathan Liu sebagai seorang promotor. "Jonathan Liulah yang punya inisiatif untuk meminta temannya mengambil gitar (bas) dan meminta tanda tangan untuk gitar tersebut. Jadi, gitar tersebut atas permintaan untuk ditanda tangan," kata Giri.
  2. Salah satu respon awal  terhadap berita di atas muncul dari gitaris band Sucker Head, Krisna J Sadrach. Melalui akun twitter-nya Krisna mengajukan sebuah pertanyaan.
  3. Lebih lanjut Krisna menjelaskan maksud penggunaan kata-kata "bass jelek" dalam tweet-nya. Krisna merasa gitar bas tersebut bukanlah gitar bas asli milik Robert Trujillo karena Robert tidak pernah terlihat menggunakan gitar tersebut saat tampil dengan Metallica.
  4. Pendapat lainnya juga bermunculan dari para pengguna twitter. Sebagian merasa seharusnya KPK lebih fokus mengurusi kasus-kasus yang lebih besar daripada menyita gitar bas milik Jokowi.
  5. Sebagian lagi merasa penyitaan gitar bas tersebut tidak memiliki dasar yang jelas.
  6. Namun berlawanan dengan suara mayoritas mayoritas metalhead di twitter, jurnalis dari majalah Rolling Stone Indoensia, Wendi Putranto menyatakan dukungannya terhadap tindakan KPK.
  7. Lebih lanjut Wendi mempertanyakan keaslian gitar bas dan tanda tangan  Robert Trujillo pada bas gitar yang diberikan kepada Jokowi. Wendi merasa ini hanya "akal-akalan" sang promotor untuk mencari dukungan Jokowi dalam mendatangkan Metallica ke Indonesia.
Like
Share

Share

Facebook
Google+